Kamis, 23 Maret 2017

kertas atau pensil warna?



"bagus banget loh ini juicer nya.. praktis juga soalnya bisa langsung dijadiin tumblr trus tinggal ditenteng.. ya kaaaan"
"aku kemaren abis makan steak di resto yang belakang kantor itu.. ih enak banget tau bumbunya itu yaa.. khas banget dan nyerep banget ke dagingnya.. pokonya harus coba"

testimoni - testimoni macam begini pernah kealami kan ya?
apalagi kalo yang ceritanya itu adalah temen kita sendiri.. pasti percaya dong ya?
walaupun belum tentu selera kita sama, tapi tetep aja ada rasa penasaran dan bisa jadi ikut beli atau nyobain makanan yang "dikomporin" sama temen kita. ye ga ye ga? hehe.
ini masih contoh kecilnya sih, mau jadi kertas atau pensil warna?







Seorang anak yang dimasukkan ke dalam kursus acting, mengikuti berbagai macam kelas teater, bisa alat musik, ikut casting berbagai macam film dan sebagainya apakah pasti akan menjadi seorang aktor terkenal?
belum tentu kan yaa..
Ada banyak faktor yang membuat seseorang menjadi aktor terkenal,
tapi setidaknya anak tersebut telah merintis dan mencari lingkungan terbaik untuk meraih mimpi-mimpinya.


Faktanya adalah banyak anak berprestasi yang tinggal di luar pulau Jawa berusaha masuk ke universitas-universitas yang ada di pulau Jawa ketika akan kuliah. Guess why?
Iya kalian bener banget. Karena memang universitas di pulau Jawa memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan universitas di luar pulau Jawa.
Ga maksud mengecilkan kualitas universitas di luar pulau Jawa, maksud aku disini juga sama, orang-orang pada umumnya akan mencari kualitas terbaik dari segala sesuatu.
Ngerti maksud aku kan ya?


Kenapa sih orang-orang cenderung mencari lingkungan yang baik?
Seberapa jauh tingkat pengaruh suatu lingkungan terhadap kepribadian atau katakanlah kesuksesan kita?
Aku mau cerita dulu deh..


Alkisah ketika dulu aku masih SMP #tsaaaaaahhh
Jadi di SMP aku itu ada yang namanya kelas unggulan, satu kelas berisi kira-kira 40 orang yang memiliki nilai rapot tertinggi di setiap angkatannya. Biasanya kelas 2A dan 3A.
Waktu kelas 2 aku masuk ke kelas 2A?
Engga kok, aku kelas 2D hahaha~
Kalo kelas 2A yang terbaik berarti kelas 2D jelek dong?
di angkatan aku sampe kelas 2I kok.. dua-i hahaha
Walaupun kelas 2A adalah sekumpulan siswa-siswi bernilai rapot tertinggi bukan berarti siswa-siswi yang ada di kelas 2I adalah sekumpulan siswa yang punya nilai rapot terkecil.. engga ko tsaaay~ selain kelas 2A ya random.. acak aja semuanya.


Singkat cerita waktu semester satu di kelas 2D aku jadi yang ranking 1 nya.. cieee gaya banget ya? engga juga kan siswa-siswi terbaiknya ada di kelas 2A :p
Di kelas 2D aku ga rajin belajar loh, biasa aja..
ketika ga ada guru kita biasa mabal, ke kantin, main badminton di dalem kelas, ketawa-ketawa, dan "kenakalan wajar" lainnya deh.
Dan ternyata pas semester dua, aku juga ranking 1 lagi dengan nilai rapot yang cukup tinggi sehingga bisa masuk ke kelas 3A. JEDER!


Entah kenapa dulu ada kaya kesenjangan sosial gitu.. anak-anak non-kelas unggulan itu cenderung tidak bergaul dengan anak-anak kelas unggulan.. Cenderung yaa.. ga semua kok, aku juga punya temen di kelas 2A tapi yaa faktanya emang dulu gitu..
Jadi ketika tau aku bakal masuk ke kelas 3A batinku menolak keras! #ceileh
eh seriuuuusss.. temen-temen se-geng aku pada kumpul di kelas 3F dan akuh cendilian masuk 3A?
Tidaaaaakkkk #sokhisteris


Tapi yaa akhirnya masuk kelas 3A juga dan awal-awal aku ngerasain atmosfer yang sangat berbeda.
Saat dulu di kelas 2D pas ga ada guru kan suka dikasih tugas ya? Ngerjain LKS biasanya, pasti ga ada yang ngerjain deh.. muehehe~
Keadaan berbeda terjadi di kelas 3A, walau ga ada guru mereka tetep rapih, kondusif, ngerjain LKS, berdiskusi, dll dll.
Ngeri banget kan ya situasinya bagi aku si newbie yang biasanya mabal dan hahahihi saat ga ada guru tapi mereka tetep jadi anak teladan. #angkattopi


Saat ada salah satu soal matematika yang sumpah yaa aku ga ngerti banget gimana cara ngerjainnya, eh pas nanya sama temen, dia bisa menyelesaikan soal tsb dan ngejelasin caranya lebih jago daripada guru matematika aku. hehehe. Beda kualitas deh. Mereka memang secara akademik TOP di bidangnya masing-masing.


Sejak aku masuk ke kelas 3A secara perlahan kebiasaan-kebiasaan aku jadi membaik, kemampuan akademik juga dikit-dikit meningkat deh.. karena mereka itu kaya cheetah, masa aku tetep jadi siput? setidaknya belajar jadi harimau lah yaa biar ga ketinggalan larinya..
Bukan cuma akademik,secara ilmu agama mereka juga orang-orang yang baik. Kelas 3 semester dua aku baru pake kerudung karena abis ngobrol tentang kewajiban memakai kerudung sama salah satu temen aku di kelas itu. Alhamdulillah~
Padahal waktu kelas 2 aku adalah incerannya guru BK karena pake rok pendek di atas lutut dan warnanya biru dongker, beda sama warna rok siswi lain hahahaha. masa mudaaaaa~


Pengalaman aku juga merupakan salah satu contoh kecil betapa lingkungan bisa mempengaruhi kepribadian dan kehidupan kita. Cerita aku bisa dikategorikan sebagai contoh positif lah yaa..
Apa yang akan terjadi kalo misalnya aku masuk ke sebuah sekolah yang anak-anaknya pada males belajar, suka bolos sekolah, pada ikutan geng bermotor endebrew endebrew.
Apakah aku juga bakal berubah jadi anak yang males belajar, suka bolos sekolah dan ikutan geng motor?


Bisa jadi. Atau bisa juga engga. Tergantung akunya. Jadi kertas atau pensil warna?
Highlight aku di postingan ini adalah tentang pilihan hidup,
mau jadi apa kita selama hidup?
Kertas yang akan terus diwarnai dan diisi oleh warna-warna beranekaragam
ataukah
Pensil warna  yang akan mewarnai kertas-kertas di sekitarnya
Apakah lingkungan yang baik juga akan menciptakan manusia yang pasti baik?
dan kebalikannya,
lingkungan yang sorry to say jahat, apakah juga akan melahirkan manusia yang jahat?




Sejarah sebenernya sudah menjawab pertanyaan aku di atas tadi melalui kisah-kisah pendahulu kita di masa lalu.
Tau Fir'aun kan ya? Manusia pertama yang menisbahkan dirinya sendiri as a God
Kurang jahat apa coba Fir'aun? Sejarah mencatat berbagai macam tindakan-tindakan mengerikan yang dilakukan oleh Fir'aun. 
Nah pernah denger cerita Asiyah? Asiyah itu adalah istrinya Fir'aun..
Secara logika sinetron alay bin lebay kan biasanya kalo ada seorang suami yang jahat, 
didukung oleh istri yang juga jahat.. trus mereka bersekongkol untuk melakukan kejahatan-kejahatan lainnya #jengjeng


Tapi Asiyah engga sodara-sodara.. Asiyah tetap beriman kepada Yang Maha Esa dan mengingkari Fir'aun, suaminya, sebagai Tuhan.
Bayangin coba. Kurang jelek apa lingkungan Asiyah saat itu.. Tapi dia bisa tetep teguh beriman walau terus disiksa oleh suaminya sendiri.. Kisah lengkap Asiyah bisa kamu cari di google atau bisa klik link ini > kisah asiyah istri fir'aun
Kalo aku analogikan dengan postingan ini sih berarti "kertas" nya Asiyah sama sekali ga tercoret goresan "pensil warna hitam" nya Fir'aun.

Hebat ya?
Sangat sih kalo menurut aku.. Di zaman kita sekarang sepertinya udah ngga ada yang sejahat Fir'aun, tapi belum tentu juga kita bisa mempertahankan kertas kita dari goresan pensil warna lingkungan yang tidak sesuai.


Kisah berkebalikan dari kisah Asiyah juga ada.. Kisah istrinya Nabi Luth as. dan Nabi Nuh as.
Nabi loh.. kurang sholeh apa coba seorang Nabi?
Beliau juga pasti memiliki akhlak yang sangat mulia, berdakwah untuk kaumnya juga.
Masyaallah ga perlu diragukan lagi yaa keimanan seorang Nabi pilihan Allah sih.
Terus ada apa dengan istrinya?
ternyata istri kedua Nabi tersebut bisa berkhianat dan membocorkan rahasia suaminya, hal yang sangat dilarang oleh Allah sehingga menyebabkan mereka berdua masuk neraka.
(kisah istri nabi Nuh dan Luth)
Lingkungan yang baik juga ternyata tidak menjamin seseorang menjadi baik yaa..
Ada kisah Abu Thalib juga.. Paman nya Rasulullah..
(bisa baca di sini
Beliau sampai akhir hayatnya juga tetap tidak mengucapkan kalimat syahadat dan beriman kepada Allah.. Padahal kurang apa lagi saat itu.. bertemu oleh manusia paling mulia loh.. tapi tetep aja.. kertas Abu Thalib tetap tidak terwarnai oleh pensil warna keimanan Rasulullah.. wallahualam.


Terlepas dari hidayah,
dan faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi akhir dari cerita-cerita yang aku share di atas yaa..
Ternyata kita sendiri-lah yang bisa menentukan,
Relakah kertas kita diwarnai oleh warna biru?
Ikhlaskah kertas kita diwarnai oleh warna merah?
Diamkah kita ketika kertas kita hendak diwarnai oleh warna hitam?
Kita yang menentukan.


Jangan salah, kita juga punya satu set pensil warna dan bisa mewarnai kertas-kertas orang lain loh.
dan juga kertas kita sendiri.
Pilihan juga ada di tangan kita,
mau memberikan warna-warna indah di kertas orang lain, atau?


Kalo mau jujur pasti ada warna hitam di kertas kita masing-masing.
terus gimana?
Kalo menurut aku ya, si octy viali zahara yang masih cetek ilmunya ini, kita punya pensil warna tapi gapunya penghapus.
Kenapa?
Pernah mewarnai kan ya? Warna gabisa dihapus, paling cuma bisa ditimpa,
tapi warna hitam gabisa ditimpa oleh warna lain.


Kalo misalkan di kertas kita udah ada warna hitam,
dan gamau warna hitam itu terus menyebar dan memenuhi sebagian besar space kosong kertas kita, satu-satunya cara adalah melingkari warna hitam itu secara menyeluruh dan melingkupinya dengan warna lain yang lebih indah.
Kebayang ngga?


Kaya ilustrasi yang aku bikin di atas (please iya aku tau gambarnya jelek.. niatnya mau bikin doodle di luar lingkaran merah biar cantik tapi kemudian aku males sendiri haha)
Si warna hitam yang terlanjur ada di kertas kita ga akan pernah bisa dihapus..
kalo buat aku sih, tinggal memaafkan diri sendiri, lalu lingkari si warna hitam itu dengan bentuk dan warna-warna indah agar warna hitamnya tidak menyebar.
you got my point right?
Kapan-kapan aku mau bahas tentang "si warna hitam dalam kertas kehidupan" deh~


Balik lagi ke tema apakah aku akan jadi orang jahat kalo disimpen di lingkungan yang jahat.
Serem ya,
aku takut banget ngebayanginnya. Padahal cuma ngebayangin loh.
Karena si warna hitam itu kuat banget, aku sih berusaha menjauhi kertas aku dari pihak-pihak yang rajin menggoreskan si pensil warna hitam.
Cemen?
Biarin.
Karena aku tau "kekuatan" aku tidaklah setangguh Asiyah. Sungguh sangat jauh.
Mendingan lari kan..


Kalo tentang pensil warna,
sampai saat ini aku udah berhasil mewarnai kertas orang lain dengan warna-warna cantik.
Gausah bilang ciyee..
Orang-orang yang sudah terwarnai oleh pensil warna aku baru orang-orang terdekat kok,
seperti suami dan anak aku.
Gausah mikir yang gede-gede juga.. aku cuma mewarnai kertas mereka dengan beberapa kebiasaan baik seperti sarapan buah dulu di pagi hari.
Simpel kan?
Aku belum jadi seorang istri dan ibu yang luar biasa kok,
masih belajar.
Tapi aku sama suami dan keluarga lagi berusaha saling mewarnai dengan bentuk, warna, dan rupa yang baik. Doakan yaa..


Pernah denger pepatah yang mengatakan anak yang baru lahir itu seperti selembar kertas putih?
Itu bener loh, karena mereka belum memiliki pensil warna,
belum dibeliin orangtuanya
Makanya harus hati-hati banget bagi orangtuanya.
Masih inget ada kisah anak balita yang udah mahir merokok sejak usia 2 tahun?
Jangan salahin si anak.
Dia cuma kertas putih polos.
Coba tanya orang di sekitar anak tersebut ngasih warna apa ke kertas si anak?
as simple as that
Simpel?
Gila ini hal yang ga simpel. Sangat kompleks jadi bener-bener PR buat aku, buat kita, buat para orangtua.


Aku sekarang bener-bener lagi menyiapkan kertas putih kosong sebanyak-banyaknya,
dan mencari orang-orang yang megang pensil warna indah dan rela menggoreskannya di kertas aku.
Yuk ah,
Saling mewarnai dan melukis siluet indah dengan warna-warni cantik.
Seperti yang pernah disampaikan Rasulullah dalam hadistnya,


Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)





with love,
@octyvz








Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar